KONFIRMASI KEPUTUSAN
PELANGGAN
Sub Kompetensi : Mengidentifikasi sinyal-sinyal dari
pelanggan
Materi
pelajaran : konfirmasi dan diskonfirmasi
Tujuan
pelajaran :
Diharapkan setelah mempelajari modul ini peserta didik dapat
memahami
dan mengidentifikasi
konfirmasi dan diskonfirmasi dari calon pelanggan
KONFIRMASI DAN DISKONFIRMASI
KONFIRMASI
Istilah konfirmasi apabila ditinjau dari segi etimologi
(bahasa) berasal dari bahasa Inggris, yaitu confirm atau confirmation yang
berarti menguatkan, penguatan, atau pengesahan. Sedangkan konfirmasi dari segi
istilah diantaranya konfirmasi menurut Sieburg dan Larson adalah “konfirmasi
akan memperteguh hubungan interpersonal”. Pengertian konfirmasi selanjutnya dihubungkan
dengan kegiatan bisnis, berarti upaya yang diperlukan pengusaha untuk menguatkan
dan meminta kepastian terhadap calon pelanggan apakah diteruskan ke tahap
kesepakatan (closing) pembelian atau pembatalan.
Konfirmasi untuk melakukan pengesahan dan penguatan yang
tujuannya untuk peneguhan hubungan antara penjual dan calon pembeli,
dapat dilihat di antaranya dari hal-hal berikut ini :
- Direct Acknowledgement adalah konfirmasi dengan pengakuan langsung dari calon pembeli yang diterima oleh penjual pada saat terjadinya negosiasi. Direct acknowledgement bisa terjadi karena beberapa sebab, diantaranya: konsumen sudah lama menggunakan produk tersebut, pengetahuan dari konsumen tentang produk tersebut ataupun anjuran dari pihak lain yang telah konsumen percaya (sharing). Misalnya : saat konsumen datang ke penjual dan langsung menyatakan “…tolong, ambilkan obat merek itu 2 strip…”
- Positive Feeling adalah konfirmasi dengan pengungkapan perasaan positif terhadap produk yang ditawarkan yang disampaikan calon pembeli terhadap penjual saat terjadinya negosiasi. Misalnya: “…ternyata roti merek ini enak juga…”.
- Clarifying Response adalah konfirmasi dengan respons pembeli meminta keterangan lebih lanjut dari penjual mengenai produk yang ditawarkan. Misalnya: “…tolong boleh dicoba dulu…”, “…bagaimana cara memindahkan chanelnya…”.
- Agreeing response adalah konfirmasi dengan respons di mana calon pembeli memperteguh kesetujuannya terhadap produk yang ditawarkan dari penjual. Misalnya: “ …Menurut Anda Saya cocok yang kuning atau hitam…”.
- Supportive response (respons suportif) adalah konfirmasi dengan respons calon pembeli mengungkapkan pengertian, dukungan, atau memperkuat argumen penjual. Misalnya: “…benar sekali yang Anda sampaikan hasilnya memang rapi…”, “…Saya telah mencoba dan khasiatnya memang manjur seperti yang Anda sampaikan…”.
INI MERUPAKAN CONTOH PRAKTEK DARI KONFIRMASI KEPUTUSAN PELANGGAN
Berikut ini Kami berikan modul mengenai konfirmasi keputusan pelanggan, Semoga bermanfaat...
http://www.ziddu.com/download/21312926/komunkasiverbaldannonverbalresponcalonpembeli.rar.html
http://www.ziddu.com/download/21312927/respondaripembeli.rar.html
http://www.ziddu.com/download/21312929/asaskomunikasi.rar.html
http://www.ziddu.com/download/21312930/konfirmasidandiskonfirmasi.rar.html
http://www.ziddu.com/download/21312949/sopkeputusanpelanggan.rar.html
http://www.ziddu.com/download/21312928/komunikasidankomponen.rar.html
blog nya bagus..boleh tau udah kelaS BERapa
BalasHapuskalau aku kelas 3 pemasaran
nice blog :)
BalasHapusmenjelaskan cara pembelian
BalasHapusLINK NYA TIDAK BISA DIBUKA
BalasHapus